header copy

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PENGADILAN AGAMA MARTAPURA KELAS II MEMASUKI ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI (WBK) DAN WILAYAH BIROKRASI BERSIH DAN MELAYANI

on . Hits: 130

MENGUTAMAKAN KEPENTINGAN ANAK, GUGATAN HAK ASUH ANAK BERUJUNG KESEPAKATAN PERDAMAIAN

 

Gugatan Hak Asuh Anak Berujung Kesepakatan Perdamaian

 

Martapura, PA.News – Setelah menempuh proses mediasi selama satu bulan di Pengadilan Agama (PA) Martapura Klas II, gugatan Pengasuhan Anak yang diajukan oleh SW (Penggugat) terhadap SM (Tergugat) berujung dengan Kesepakatan Perdamaian dan pencabutan perkara di muka persidangan, Selasa pagi (16/3/2021).

Bertindak sebagai mediator dalam mediasi perkara tersebut adalah Wildi Raihanda, Lc, hakim PA Martapura. “Alhamdulillah, setelah menempuh proses mediasi yang cukup panjang, akhirnya Penggugat dan Tergugat berhasil mencapai kesepakatan terkait pengasuhan anak mereka berinisial MI yang masih berusia 4 tahun”, ungkap Wildi.

Wildi menambahkan, tercapainya kesepakatan perdamaian antara Penggugat dan Tergugat berkat rahmat Allah swt, dengan disertai iktikad dan kesadaran kedua belah pihak untuk mengutamakan kepentingan anak. “Memang sempat diwarnai ketegangan dan deadlock, namun pelan-pelan Penggugat dan Tergugat menyingkirkan ego masing-masing, dan lebih memilih memenangkan kepentingan anak”, jelasnya.

Dalam Kesepakatan Perdamaian  yang ditandatangai oleh Penggugat dan Tergugat,  terdapat 14 poin utama, mulai dari pembagian jadwal pengasuhan, pemilihan lokasi pendidikan anak, teknis penjemputan saat hari libur nasional, hingga pernyataan pencabutan gugatan dari PA Martapura.

Berdasarkan Pasal 27 ayat (5) Peraturan Mahkamah Agung RI No 1 tahun 2016 tentang Proses Mediasi di Pengadilan, jika para pihak tidak menghendaki Kesepakatan Perdamaian dikuatkan dalam Akta Perdamaian, maka dalam Kesepakatan Perdamaian wajib memuat pencabutan gugatan. (aff)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Martapura

Jl. Merdeka No.002 kelurahan Pasar Martapura Kecamatan Martapura Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Sumatera Selatan

Telp: (0735) 4840235 

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Copyright TIM IT PA Martapura OKU Timur @2021