banner web pa martapura

Written by Super User on . Hits: 115

Pencanangan Pembangunan Zona Integritas di PA Martapura

whatsapp image 2019 10 30 at 16.55.38 1

[pa-martapuraokut.go.id]

Rabu, 30 Oktober 2019 bertempat di ruang serbaguna, Pengadilan Agama (PA) Martapura mengadakan acara Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Pencanangan Zona Integritas PA Martapura berpedoman kepada KMA Nomor 58/KMA/SK/2019 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Bawahnya.

Acara tersebut dihdiri oleh Bupati OKU Timur, Kepala Kejaksaan Negeri OKU Timur, Wakapolres OKU Timur, Perwakilan Dandim 0403, Sekretaris PN Baturaja, Ketua PA Baturaja, Kepala Kemenag OKU Timur, Ketua MUI, perwakilan Advokat, dan Kepala OPD di lingkungan Pemkab OKU Timur.

Pencanangan Pembangunan Zona Integritas PA Martapura adalah deklarasi/pernyataan dari Ketua PA Martapura, Rahmi Hidayati, M.Ag bahwa PA Martapura telah siap membangun Zona Integritas.

Dalam sambutannya Ketua PA Martapura, Rahmi Hidayati, M.Ag menyatakan bahwa “Pencanangan Pembangunan Zona Integritas merupakan miniatur (lingkup kecil) dari pelaksanaan reformasi birokrasi sebagai satu langkah awal mendukung program pemerintah untuk melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan organisasi yang baik, efektif dan efisien sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat dan profesional dalam mewujudkan good governance dan clean governance menuju aparatur yang bersih dan bebas dari KKN, meningkatnya pelayanan prima serta meningkatnya kapasitas dan akuntabilitas kinerja.”

Dalam rangka WBK dan WBBM, PA Martapura telah membentuk PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) yang memberikan pelayanan informasi, pelayanan pengaduan, pelayanan pendaftaran perkara, pelayanan pembayaran dan pelayanan penyerahan produk untuk menghindari kontak langsung antara para pihak dan pejabat pengadilan;

Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat PA Martapura telah menerapkan e-court (pengadilan elektronik) dengan aplikasi e-filing, e-payment dan e-summon. E-court ini masih terbatas untuk para advokat sebagai pengguna terdaftar.

Untuk meminimalisir pelanggaran kode etik di Pengadilan dan meningkatkan kepercayaan publik terhadap pengadilan, Ketua MA telah merilis aplikasi e-litigasi pada peringatan ultah MA ke-74 tanggal 19 Agustus 2019, yang Insyaallah tahun depan, sebelum ayam berkokok pada tanggal 1 Januari 2020 pengadilan seluruh indonesia tak terkecuali PA Martapura sudah harus menerapkan e-litigasi, berupa aplikasi sistem peradilan secara elektronik sehingga pencari keadilan tidak perlu datang langsung berurusan ke pengadilan.

Dalam acara tersebut dilakukan penyerahan piagam penghargaan kepada agen perubahan Foead Kamaludin, S.Ag.,Hakim PA Martapura, Nur Anwar, S.H.I.,Panmud Permohonan, Endah Rosmala Dewi, S.Si., Kasubag Kepegawaian & Ortala, dan Meri Diasari, A.Md., tenaga honorer oleh Ketua PA Martapura. Dalam kesempatan tersebut Bupati OKU Timur menyerahkan penghargaan kepada Edison Dahlan, S.H,.

Setelah pembacaan dan penandatanganan komitmen bersama oleh seluruh aparatur PA Martapura acara dilanjutkan dengan penandatanganan Piagam Pencanangan Pembangunan Zona Integritas oleh Ketua PA Martapura, Bupati OKU Timur beserta unsur forkopimda, Kepala Kantor Kemenag dan Ketua MUI OKU Timur.
Dalam sambutannya Bupati OKU Timur menyampaikan bahwa dia sangat mengapresiasi tekad jajaran Pengadilan Agama Martapura untuk melakukan pembangunan zona integritas ini. “Saya menyambut positif acara ini karena semakin menambah jumlah instansi yang melakukan pencanangan zona integritas di OKU Timur. Kunci keberhasilan pembangunan zona integritas terletak pada moral aparaturnya, oleh sebab itu setiap aparat sangat perlu menjadikan hati nurani sebagai patokan benar dan salah. Hati nurani masing-masing paling tahu apakah yang dilakukannya itu termasuk korupsi atau tidak.”
Acara Pencanangan Pembangunan Zona Integritas ditutup dengan foto bersama dan ramah tamah seluruh pegawai PA Martapura dan tamu undangan. (UHS)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Martapura

Jl. Merdeka No.002 kelurahan Pasar Martapura Kecamatan Martapura Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Sumatera Selatan

Telp: (0735) 4840235 

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Copyright TIM IT PA Martapura OKU Timur @2019