header copy

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PENGADILAN AGAMA MARTAPURA KELAS II MEMASUKI ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI (WBK) DAN WILAYAH BIROKRASI BERSIH DAN MELAYANI

Written by Super User on . Hits: 537

Sejarah Pembentukan Pengadilan Agama Martapura

sejarah

Pengadilan Agama Martapura Kelas II dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2016, tanggal 26 April 2016. Kemudian berdasarkan Keputusan Ketua  Mahkamah  Agung  Nomor  183/KMA/SK/IX/2018, tanggal 21 September 2018 tentang Penetapan Tanggal dan  Tempat Peresmian Operasional Pengadilan Baru, maka Pengadilan Agama Martapura Kelas II bersama dengan 84 Pengadilan baru  lainnya, diresmikan oleh Ketua Mahkamah Agung pada  hari Senin, tanggal 22  Oktober 2018 di  Melonguane, Kabupaten Talaud, Provinsi  Sulawesi Utara.

Kemudian pada tanggal 26 Oktober 2018, Wakil Ketua Pengadilan Agama Martapura Kelas II Rahmi Hidayati, M.Ag. dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Tinggi  Agama Palembang. Dan di hari ini  juga Wakil Ketua Pengadilan Agama  Martapura Kelas II melantik dan mengambil sumpah, Hakim 1. Foead Kamaludin, S.Ag., 2. Alfi Zuhri, S.Ag., Panitera, Bahder Johan, S.H., M.H., Sekretaris, Muhammad Aji Taufan, S.H. serta  pejabat fungsional 1. Panitera Muda Hukum, Fahrizal, S.H.I., 2. Panitera Mudah Gugatan, Sari Mayadinanty, S.H.I. 3. Panitera Muda Permohonan, Nur Anwar, S.H.I., dan  pejabat struktural Kasubbag Kepegawaian, Endah Rosmala Dewi, S.Si., 2. Kasubbag Perencanaan Teknologi Informasi dan Pelaporan, Arman Susanto, S.H.I., Pengadilan Agama Martapura Kelas II.

Dengan demikian sejak hari itu pula Pengadilan Agama Martapura Kelas II telah resmi berdiri dan sudah bisa memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur.

Sebelum itu, selama bertahun-tahun masyarakat Kabupaten OKU Timur terbatas jarak untuk berperkara ke Pengadilan agama dan harus mengajukan perkaranya ke Pengadilan Agama Baturaja yang  jaraknya sangat jauh dari tempat tinggalnya.

Kondisi tersebut mengakibatkan timbulnya biaya yang sangat besar yang harus ditanggung oleh pihak berperkara, baik untuk keperluan transportasi dirinya sendiri, maupun untuk membayar biaya proses perkaranya.  

Jauhnya jarak antara tempat kediaman para pihak dengan lokasi Pengadilan agama menyebabkan pelaksanaan tugas kejurusitaan memerlukan biaya tinggi dan  waktu yang  relatif lama.

Dengan telah dibentuknya Pengadilan Agama Martapura Kelas II diharapkan bisa memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat pencari keadilan di wilayah Kabupaten Oku Timur dengan lebik baik  lagi, yakni dengan sederhana, cepat  dan biaya ringan.

Lampiran Surat Keputusan :

Keppres Nomor 15 Tahun 2016

SK KMA/SK/X/2018

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Martapura

Jl. Merdeka No.002 kelurahan Pasar Martapura Kecamatan Martapura Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Sumatera Selatan

Telp: (0735) 4840235 

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Copyright TIM IT PA Martapura OKU Timur @2021